Aku hari ini; ingin dirawat Ibu

by - Februari 28, 2018


Semalam aku di luar sampai pukul satu pagi 
Lalu tau-tau hujan berisik, sampai jalanan menggenang 
Tempat makan yang aku singgahi menyetel lagunya Arie Koesmiran 
Aku ingat bapak, dan sound speakernya yang baru dibelinya bulan lalu 
Terus sudah melamun saja, padahal ada artikel sulit yang harus aku baca 
Mana pelipisku berdenyut, sistem kekerabatan orang Batak Karo sepusing ini ya? 
Tidak bisa tenang, tidak bisa diam, pikiranku terbang-terbang 
Suara Arie Koesmiran 
Suara hujan deras 
Suara temanku yang mulai bertanya aneh-aneh, ‘mim, kamu merokok ya?’ 
Semua saling meredam, aku bingung 
Jadilah pulang setelah aku ingat aku harus pergi ke pasar pagi-pagi buta 
Bangun-bangun pun aku cemas 
Apakah aku demam? 
Kepalaku seperti ditindih karung 
Dahiku panas 
Terus perutku terasa dipelintir 
Sial, badanku lemas lagi 
Aku beranjak ke meja rias dan melihat wajahku 
Menyedihkan 
Kantung mataku seperti kandungan 9 bulan, anak rambutku mencuat ke mana-mana, hidungku berkeringat, dan aku tampak begitu layu 
Seperti tumbuhan tidak disiram seminggu 
‘Jangan mati dulu, jangan mati dulu’ 
Aku menepuk-nepuk dadaku dan menyambar air mineral 
Lalu menenggaknya bersama obat pereda pusing 
Tidur, bolos tiga mata kuliah, tidak keluar kos, tidak bertemu siapapun, dan tidak mau melirik ponsel (aku takut ditanyai orang-orang) 
Siangnya terbangun karena lapar 
Lalu terseok-seok menuju dapur dan memasak apapun 
Bagaimanapun juga aku harus makan 
Ternyata melegakan, rasanya tidak sesakit sebelumnya 
Pencernaanku membaik, cuma kepalaku yang masih suka berdentum 
Sisa hari aku pakai untuk meracau 
‘Kenapa terus merasa gelisah?’ 
Untuk beberapa hal, aku masih suka membohongi diri 
Tidak hidup dan menghirup dengan baik, tidak tumbuh dan meretas dengan baik 
Apa ini sebabnya jadi sakit? 
Malamnya aku menelpon Ibu, bertanya sedang apa 
Ibu sedang memijat Bapak, semoga Bapak tidak sedang sakit 
Tiba-tiba mencium bau minyak tawon yang sering dipakai Bapak 
Ngilu, suara Ibu terasa jelas di telinga 
Kalau boleh tidak bersekolah 
Kalau boleh tidak pergi jauh dari rumah 
Kalau boleh tidak mengenyam pendidikan 
Kalau boleh tidak memenuhi konstruksi sosial 
Aku ingin hidupku hanya bersama Ibu, 
Didekap Ibu 
Dirawat Ibu 
Lalu sembuh 
Tapi mustahil 

You May Also Like

0 Comments