menanam mantra di ruang gelap dan rahasia

by - Oktober 06, 2020


ternyata aku sangat merindukan diriku yang penuh dengan keinginan-keinginan impulsif
seperti pasang tato di paha dan tengkuk
pakai anting berbentuk binatang; ular atau kepala singa
potong rambut setelah menangis dua jam
atau tiba-tiba menuju danau di dekat kampus untuk lari pagi setelah semalaman tidak tidur menggarap skripsi


kalau sebelumnya aku pernah jadi begitu meriah, seperti pasar malam
sekarang tidak tau, aku merasa konyol
ketika memainkan musik keras, aku langsung ingin sembunyi dan tak mau dipergoki siapapun kalau aku sedang sekarat
ketika lagu-lagu lambat tengah diputar, aku terbahak dan kepalaku bekerja untuk mengeluarkan umpatan-umpatan
ketika kebisingan itu berhenti, aku pusing dan rasanya seperti mau menyerah


tapi di antara ketidakberaturan banyak kejadian itu, sebenarnya aku selalu menanam mantra kecil di ruang paling gelap dan rahasiaku;
semoga kita selalu punya orang-orang dekat yang gemar menanyakan kabar kita,
semoga kita selalu punya hati yang besar ketika ditimpa masalah, punya pikiran yang waras ketika dihadapkan dengan keputusan-keputusan, meski yang lebih sering terjadi adalah kebalikan dari itu semua


pasalnya, beberapa hal ternyata bisa membuat napasmu tiba-tiba seperti mau habis, pelipis berdenyut dan langkah jadi gontai. semua peristiwa terlihat kabur. peristiwa-peristiwa yang sungguh terjadi maupun yang cuma berputar dalam ilusi
di waktu-waktu tertentu, kamu seperti tidak hidup, tapi juga tidak mati. kesadaranmu entah hadir di mana. diri kamu rasanya mengambang
mungkin ini namanya fase kosong. ketika kamu tidak melampaui apapun, tapi kamu juga tidak menerima apa-apa


dan di tengah kepingan yang kacau dan tak runut tersebut, mungkin saja selama ini kamu bisa terus selamat berkat hati manusia manis yang hidup di luar dirimu
yang menjadikanmu mengerti;
keterhubungan di antara kalian ternyata mampu merekatkan sesuatu yang hampir lepas
yang barangkali kamu namakan ia dengan;
setangkup... harapan




*
6 Oktober, dalam keadaan tak baik, tapi tak masalah.

You May Also Like

0 Comments