buat ibu

by - Oktober 09, 2018

bu, belakangan ini aku sakit-sakitan
kalau ibu sedang telpon dan bertanya kabar
kadang aku cuma ketawa-ketawa sambil balik menanyai ibu
menanyai adik, tanaman di rumah, kambing-kambing milik bapak
lalu diam-diam mataku pasti merah
kenapa ya bu, jadi sering sekali menangis begini
tiap malam dadaku sesak dan bergetar
kepalaku pusing dan berdentum
kemarin-kemarin hidungku sempat berdarah
perutku melilit menahan nyeri
aku mau bilang kalau aku sedang jatuh dan terjerembab
aku mau bilang pada ibu, kalau aku sedang patah dan terseok
aku sedang tenggelam bu,
tapi mendengar suara ibu saja darahku berdesir
aku takut menyakiti ibu
soalnya perasaan sakit itu sungguh ngilu

ibu semakin berumur, tapi semoga tetap cantik dan harum
aku pingin terus bisa melihat ibu
aku pingin terus ada di sekitar ibu,
aku suka bau ibu dan dengkuran napas ibu kalau lagi tidur
bu, tau nggak… sewaktu aku tiba-tiba meminta jemput di stasiun?
dan yang pertama dilontarkan ibu adalah “ada apa kok tiba-tiba pulang?”
ibu seperti tangan Tuhan yang terulur 
dan di situ aku sudah pingin teriak bu,
cuma karena sedang ada banyak orang, aku cuma mengusap pipi
soalnya mataku sudah basah dan hatiku gusar sekali
sebenarnya, aku butuh ibu untuk meredakan sakitku

ibu, selamat ulang taun
maaf karena aku masih sering menangis
aku akan pelan-pelan mengatasi ini semua, bu
jangan khawatir


You May Also Like

0 Comments